BAB I
APLIKASI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA
A. MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Micrososft Excel merupakan sebuah program atau paket
aplikasi yang digunakan untuk memanipulasi lembar kerja (Worksheet) elektronis,
karena terdiri dari lajur kolom dan lajur baris. Microsoft Excel adalah sebuah
program aplikasi perangkat lunak pengolah angka.
1. Menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur
Langkah-langkah menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur
:
a. Nyalakan stabilizer
b. Nyalakan tombol power pada CPU (komputer)
c. Nyalakan tombol power pada monitor
d. Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan windows.
2. Mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Langkah-langkah mematikan komputer :
a. Klik tombol start
b. Klik Turn Off atau Shut Down
c. Tekan tombol power pada monitor
d. Tekan tombol stabilizer atau cabut semua kabel stabilizer.
B. MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007
1. Menjalankan Ms.Office Excel
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Klik Start pada batang Taksbar
b. Klik All Program
c. Pilih Microsoft Office
d. Pilih MicrosoftOffice Excel 2007
2. Mengakhiri Ms.Office Excel
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Klik Office Button
b. Exit Excel
![]() |
Gambar 1.1 Tampilan lembar kerja Ms.Office Excel 2007 |
3. Elemen
Microsoft Office Excel 2007
![]() |
Gambar 1.2 Eleman-elemen Ms.Office Excel 2007 |

b. Baris Menu (Menu Bar), Untuk menampilkan menu secara penuh (Full Down) atau menampilkan perintah yang ada pada menu : Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View.
c. Menu Command Untuk melaksanakan perintah atau membuka perintah pada menu tersebut yang digambarkan dengan icon dengan penjelasan dari icon tersebut.
Tab/Tombol Perintah
Merupakan pejelasan dari menu command.
Baris Rumus (Formula Bar)
Tempat untuk menuliskan rumus yang akan diproses.
d. Tab/Tombol Perintah, merupakanpenjelasan dari menu command.
e. Baris Rumus (Formula Bar), tempat untuk menuliskan rumus yang akan di proses.
d. Lembar
Kerja (WorkSheet), Untuk
mengolah lembar kerja dalam pembuatan tabel, perhitungan, memasukan rumus,
mengolah grafik, dan lain-lain.
e. Sheet, Untuk
menggunakan lembar atau buku-buku yang akan dipergunakan, sheet defaulnya yang
terlihat dilayar yaitu : Sheet1, Sheet2, dan Sheet3.
f. Zoom, Untuk
memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja Ms.Office Excel 2007.
g. Takspen/Taksbar, Untuk
menunjukkan lembar kerja atau fileyang aktif saat ini.
h. Pointer, Sebagai pemandu untuk memulai bekerja pada sel yang ditunjuk
atau sebagai petunjuk Cell Pointer.
i. Cell, Merupakan pertemuan antra baris dan kolom, misalnya A1, B10
dan sebagainya.
j. Range, Yaitu gabungan dari beberapa sel, misalnya A1 ...B10 atau A10:D10
dan sebagainya.
k. Scroll Bar, Untuk menggulung tampilan layar secara menyamping (Horizontal)
atau tegak (Vertikal).
C. LEMBAR KERJA MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Lembar kerja Microsoft Office Excel 2007 terdiri dari lajur
baris dan lajur kolom.
Kolom ditandai dengan huruf misalnya, A, B, C, ........,
batas terakhhir kolom Microsoft Office Excel 2007 yaitukolom FXD. Sedangkan
baris ditandai dengan angka misalnya 1, 2, 3, .........., dan seterusnya.
D. KEGUNAAN TOMBOL PADA MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
E. PERINTAH UNDO DAN REDO
1. Perintah Undo
Perintah undo berfungsi untuk membatalkan atau menggagalkan
perintah yang terakhir kali dilakuka. Cara cepatnya untuk melakukan perintah
undo yaitu dengan menekan tombol navigasi pada keyboard yaitu, Ctrl + Z.
2. Perintah Redo
Perintah redo yaitu kebalikan dari perintah undo, yaitu
untuk mengembalikan perintah yang pernah dilakukan atau telah di edit
sebelumnya. Cara cepat untul melakukan perintah redo yaitu dengan menekan
tombol navigasi pada keyboard yaitu,
Ctrl + Y.
0 komentar:
Posting Komentar